Rabu, 08 Mei 2013

PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH Penelitian di Mts Bina Machmud Kadukacapi Serang



             Metode contextual Teaching and learning adalah metode mengajar yang mengaitkan antara materi pembelajaran  dengan situasi nyata yang berkembang dan terjadi di lingkungan sekitar siswa, sehingga siswa mampu menghubungkan dan menerapkan kompetisi hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari. Sebgai persyaratan untuk keberhasilan pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning adalah bagimana upay aguru menghidupkan suasana kelas dan memancing keterlibatan semua anggota kelas untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, tentunya siswa siswa di harapkan mau mengeluarkan pendapat dan pikiran dan bahkan kalu mungkin seluruh  siswa diharpakan mampu membuat simpulan dari materi pelajaran. Penguasaan simpulan oleh siswa meerupakan prestasi atau hasil belajar.
            Prestasi belajar tersebut terjadi pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, perubahan yang biasanya menonjol; terjadi pada aspek kognitif.perubahan prilaku sebagi hasil belajar di pengaruhi oleh banyak factor, salah satu factor ynag berpengaruh adalah straategi atau pendekatan belajar yang di gunakan olah guru. Strategi pembelajaran diyakini factor yang cukup berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa.

            Dari rumusan maslah di atas, permasalahna yang akan di teliti adalah;pertama;bagaimana metode contextual teaching and learning di Mts Al-hamidiyah Kadukacapi pada pelajaran Fiqih dan, ketiga; bagaiman a pengaruh metode contextual teaching anf learning terhadap preatasi belajar siswa Mts Al-hamidiyah kadukacapi pada pelajaran Fiqih.
            Tujuan penelitian ini adalah ; pertama untuk mengetahui metode contextual teaching and learning di Mts Al-hamidiyah Kadukacapi; kedua untuk mengetahui prestasi belajar siswa Mts Al-hamidiyah Kadukacapi pada pelajaran Fiqih dan, ketiga; untuk mengetahui  pengaruh metode contextual teching and learning terhadap prestasi belajar siswa Mts Al-hamidiyah kadukacapi pada pelajaran fiqih.
            Oenelitian ini dilakukan di Mts A-hamidiyah Kadukacapi yangmembahas pengaruh metode contextual teching and learning terhadap prestasi belajar siswa Mts al-hamidiyah kadukacapi pada pelajaran fiqih, dengan jumlah populasi 300 orang siswa. Sampel penelitian ini adlah 10% dari populasi yaitu sebanyak 30 orang siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunkan metode deskriptif. Instrument penelitiannya adalah; observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
            Kesimpulan dari penelitian ini adalah ; melalui analisis korelasi deangan menggunakan r produk moment ( rxy) diperoleh hasil 0,85, hal ini menunjukkkan bahwa antara variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi tinggi atau baik. Adapun kontribusi vaariabel X terhadap variabel Y diketahui 72,25% dan sedanagkan sisanya sebesr 27,75% pengaruh factor lain yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.  







 

0 komentar:

Posting Komentar