Rabu, 15 Mei 2013

Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fiqih. (Penelitian di MTs Darul Huda Kec. Gunungsari Kab. Serang)



Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berhubungan dengan situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu, dimana dalam proses tersebut terkandung multifungsi dan aktivitas guru.
Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar hasil belajar tersebut dapat diaplikasikan dalam bentuk perubahan perilaku, perubahan perilaku tersebut terjadi pada aspek kognitif, apektif, dan psikomotor. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor tersebut adalah kemampuan atau profesionalisme guru.
Dari rumusan masalah di atas, permasalahan yang akan diteliti adalah ; pertama ; bagaimana aktivitas pembelajaran guru MTs Darul Huda Kec. Gunungsari, kedua ; Bagaimana prerstasi belajar siswa MTs Darul Huda Kec. Gunungsari pada pelajaran fiqih dan , ketiga; Bagaimana pengaruh aktivitas pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa MTs Darul Huda Kec. Gunungsari  pada pelajaran fiqih.
            Tujuan penelitian ini adalah ; Pertama untuk mengetahui aktivitas pembelajaran guru di MTs Darul Huda Kec. Gunungsari, kedua ; untuk mengetahui Prestasi belajar siswa MTs Darul Huda Kec. Gunungsari pada pelajaran fiqih dan, ketiga; untuk mengetahui Pengaruh aktivitas pembelajaran guru terhadap Prestasi belajar siswa MTs Darul Huda Kec. Gunungsari pada pelajaran fiqih.
            Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Huda Kec. Gunungsari yang membahas Pengaruh aktivitas pembelajaran guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Darul Huda Kec. Gunungsari pada Peelajaran fiqih., dengan jumlah populasi 200 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah 15 %  dari populasi yaitu sebanyak 30 orang siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Instrument penelitiannya adalah ; observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ; melalui analisis korelasi dengan menggunakan r produk moment (rxy) diperoleh hasil 0,52, hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi sedang atau cukup. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y diketahui 27,04%, dan sedangkan sisanya sebesar 72,96% pengaruh faktor lain yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar