Metode contextual Teaching and
learning adalah metode mengajar yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi nyata yang berkembang dan terjadi
di lingkungan sekitar siswa, sehingga siswa mampu menghubungkan dan menerapkan
kompetisi hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari. Sebgai persyaratan untuk
keberhasilan pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning adalah
bagimana upay aguru menghidupkan suasana kelas dan memancing keterlibatan semua
anggota kelas untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, tentunya siswa
siswa di harapkan mau mengeluarkan pendapat dan pikiran dan bahkan kalu mungkin
seluruh siswa diharpakan mampu membuat
simpulan dari materi pelajaran. Penguasaan simpulan oleh siswa meerupakan
prestasi atau hasil belajar.
Prestasi
belajar tersebut terjadi pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan,
perubahan yang biasanya menonjol; terjadi pada aspek kognitif.perubahan prilaku
sebagi hasil belajar di pengaruhi oleh banyak factor, salah satu factor ynag
berpengaruh adalah straategi atau pendekatan belajar yang di gunakan olah guru.
Strategi pembelajaran diyakini factor yang cukup berpengaruh terhadap keberhasilan
belajar siswa.
Dari
rumusan maslah di atas, permasalahna yang akan di teliti
adalah;pertama;bagaimana metode contextual teaching and learning di Mts
Al-hamidiyah Kadukacapi pada pelajaran Fiqih dan, ketiga; bagaiman a pengaruh
metode contextual teaching anf learning terhadap preatasi belajar siswa Mts
Al-hamidiyah kadukacapi pada pelajaran Fiqih.
Tujuan
penelitian ini adalah ; pertama untuk mengetahui metode contextual teaching and
learning di Mts Al-hamidiyah Kadukacapi; kedua untuk mengetahui prestasi
belajar siswa Mts Al-hamidiyah Kadukacapi pada pelajaran Fiqih dan, ketiga;
untuk mengetahui pengaruh metode
contextual teching and learning terhadap prestasi belajar siswa Mts
Al-hamidiyah kadukacapi pada pelajaran fiqih.
Oenelitian
ini dilakukan di Mts A-hamidiyah Kadukacapi yangmembahas pengaruh metode
contextual teching and learning terhadap prestasi belajar siswa Mts
al-hamidiyah kadukacapi pada pelajaran fiqih, dengan jumlah populasi 300 orang
siswa. Sampel penelitian ini adlah 10% dari populasi yaitu sebanyak 30 orang
siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunkan metode deskriptif. Instrument
penelitiannya adalah; observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Kesimpulan
dari penelitian ini adalah ; melalui analisis korelasi deangan menggunakan r
produk moment ( rxy) diperoleh hasil 0,85, hal ini menunjukkkan bahwa antara
variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi tinggi atau baik. Adapun
kontribusi vaariabel X terhadap variabel Y diketahui 72,25% dan sedanagkan
sisanya sebesr 27,75% pengaruh factor lain yang masih memerlukan penelitian
lebih lanjut.
0 komentar:
Posting Komentar