ERNAWATI NPM : 11.1.0154.1 Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Aqidah Ahlak di
SMP Islam Daarul Yaqiin Karundang.
Belajar merupakan suatu proses untuk
memperoleh pengetahuan secara mendasar serta untuk meningkatkan faktor internal
dan ekternal siswa dalam membentuk kondisi jasmani dan rohani menuju kearah
yang lebih baik.
Pada hakekatnya guru sebagai pendidik
mermpunyai tugas dan tanggung jawab yang tidak kecil. Oleh karena itu dalam
keseluruhan proses pendidikan, diharapkan guru dapat mendorong siswa untuk
belajar secara aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran
Aqidah Ahlak. Dengan demikian guru harus mampu memilih strategi yang tepat
dalam mencapai tujuan tersebut diatas. Salah satu bentuk strategi yang dapat
mendorong siswa untuk belajar aktif adalah pemanfaatan Media Pembelajaran
terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Aqidah Ahlak.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah Pemanfaatan Media Pembelajaran dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di SMP Islam Daarul
Yaqiin Karundang.
Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII SMP Islam Daarul Yaqiin Karundang Kota Serang yang berjumlah 42
orang. Alat evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal –soal berbentuk
pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pree test dan post
test. Hipotesis tindakan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah
pemanfaatan Media Pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Aqidah Ahlak.
Dari
hasil analisis didapat bahwa pengolahan data hasil tes uji kompetensi pree test
dan post test yang telah dilaksanakan pada peserta didik kelas VII dengan
memberikan suatu perlakuan (treatment) dalam proses belajar mengajar dengan
menggunakan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran aqidah Ahlak.
Dalam evaluasi pree test nilai rata-rata hanya mencapai 64,52% dan ketuntasan
belajarnya hanya mencapai 57%, hal ini menunjukan bahwa siswa belum dapat
mencerna sepenuhnya materi Aqidah Ahlak yang tidak menggunakan Pemanfaatan
media Pembelajaran.
Kemudian
hasil analisis dari ujian post test setelah materi Aqidah ahlak disampaikan
dengan menggunakan pemanfaatan media pembelajaran terdapat hasil nilai
rata-rata 86,07% serta ketuntasan belajarnya mencapai 93%. Hal ini menunjukan
bahwa terdapat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak dengan
menggunakan Pemanfaatan Media pembelajaran dengan hasil yang sangat memuaskan.
bagus klau trus menerus memberikan komentar ttg skripsi ini
BalasHapus