Proses
pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru
dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berhubungan dengan situasi
edukatif untuk mencapai tujuan tertentu, dimana dalam proses tersebut
terkandung multifungsi dan aktivitas guru.
Prestasi
belajar adalah hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar hasil
belajar tersebut dapat diaplikasikan dalam bentuk perubahan perilaku, perubahan
perilaku tersebut terjadi pada aspek kognitif, apektif, dan psikomotor.
Perubahan perilaku sebagai hasil belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.
Salah satu faktor tersebut adalah kemampuan atau profesionalisme guru.
Dari rumusan
masalah di atas, permasalahan yang akan diteliti adalah ; pertama ; bagaimana aktivitas
pembelajaran guru MTs Darul Huda Kec. Gunungsari, kedua ; Bagaimana prerstasi
belajar siswa MTs Darul Huda Kec. Gunungsari pada pelajaran fiqih dan , ketiga;
Bagaimana pengaruh aktivitas pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa MTs
Darul Huda Kec. Gunungsari pada
pelajaran fiqih.
Tujuan
penelitian ini adalah ; Pertama untuk mengetahui aktivitas pembelajaran guru di
MTs Darul Huda Kec. Gunungsari, kedua ; untuk mengetahui Prestasi belajar siswa
MTs Darul Huda Kec. Gunungsari pada pelajaran fiqih dan, ketiga; untuk
mengetahui Pengaruh aktivitas pembelajaran guru terhadap Prestasi belajar siswa
MTs Darul Huda Kec. Gunungsari pada pelajaran fiqih.
Penelitian
ini dilakukan di MTs Darul Huda Kec. Gunungsari yang membahas Pengaruh aktivitas
pembelajaran guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Darul Huda Kec.
Gunungsari pada Peelajaran fiqih., dengan jumlah populasi 200 orang siswa.
Sampel penelitian ini adalah 15 % dari
populasi yaitu sebanyak 30 orang siswa. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode deskriptif. Instrument penelitiannya adalah ; observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ; melalui
analisis korelasi dengan menggunakan r produk moment (rxy) diperoleh hasil 0,52,
hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi
sedang atau cukup. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y diketahui 27,04%,
dan sedangkan sisanya sebesar 72,96% pengaruh faktor lain yang masih memerlukan
penelitian lebih lanjut.
0 komentar:
Posting Komentar